3 Cara Mudah Mengunci Sinyal 4G LTE Android

Tiga Cara Mudah Mengunci Sinyal 4G/LTE Android - Sekarang ini, hampir semua provider atau penyedia jasa komunikasi telepon seluler khususnya di Indonesia sudah meluncurkan Jaringan internet berbasis 4G LTE beberapa waktu yang lalu. Jaringan ini mampu menghasilkan kecepatan 100Mb per detik hingga 1Gb per detik. 

Namun di beberapa tempat, sinyal internet berbasis 4G LTE ini masih kurang stabil atau sering beralih dari 3G/3,5G (H+) ke 4G atau sebaliknya. Hal ini terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya posisi tower berada jauh, berada di dalam ruangan tertutup sehingga ponsel kurang mendapatkan sinyal, minimnya sinyal yang dipancarkan oleh BTS (Base Transceiver Station) atau disebabkan oleh faktor-faktor lain. Jika hal tersebut terjadi, tentu saja mengganggu aktivitas kita saat berselancar di dunia internet dan kita tidak bisa menikmati kecapatan akses internet melalui jaringan 4G.

Untuk mengatasinya, ada 3 cara yang bisa kita lakukan diantaranya melakukan pengaturan melalui menu setelan, menggunakan bantuan aplikasi (rooted only) atau memasukkan kode tertentu melalui dial pad (papan panggilan) telepon. 

Cara Mudah Melock Jaringan 4G LTE Android

1. Mengunci Sinyal 4G Melalui Menu Setelan

Untuk melakukannya, silahkan buka menu "Settings/Pengaturan/Setelan" yang ada pada ponsel anda. Selanjutnya cari "Jaringan Seluler". Pilih "Mode Jaringan" kemudian pilih "Hanya 4G".

Cara ini tergolong sangat mudah dilakukan, namun beberapa orang pengguna ponsel pintar masih belum mengetahui hal ini.

2. Mengunci Sinyal 4G Melalui Dial Pad

Untuk metode yang kedua ini, cukup buka aplikasi "Telepon" kemudian lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:
  1. Ketik kode ini *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* pada dial pad pada ponsel anda.
  2. Secara otomatis, anda akan diarahkan ke menu "Pengujian"
  3. Selanjutnya pilih "Informasi Perangkat"
  4. Scroll ke bawah dan temukan "Set preferred network type" kemudian pilih "LTE only"
  5. Kembali atau tutup menu tersebut dan tunggu beberapa saat.
  6. Selesai.
Jika cara tersebut di atas tidak berhasil (menu pengujian tidak muncul), maka saya sarankan untuk mencoba cara ketiga. Namun hal ini diperlukan akses "Root" karena aplikasi tambahan yang akan digunakan membutuhkan perangkat yang sudah "Rooted" dan apabila ponsel belum dan anda ingin merootnya, silahkan baca tutorial Cara Root Samsung Galaxy J7.

3. Menggunakan Aplikasi Tambahan (Rooted Only)

Langkah #1. Download aplikasi  Advanced Signal Status, kemudian jalankan.

Langkah #2. Setelah aplikasinya terbuka, scroll ke bawah, cari dan temukan "Additional Info", lalu tap atau buka. Secara otomatis anda akan diarahkan pada menu "Pengujian".

Langkah #3. Pada tahap ini, silahkan pilih "Informasi Perangkat. Scroll ke bawah dan temukan "Set preferred network type" kemudian pilih "LTE only""

Langkah #4. Tekan kembali atau tutup menu tersebut dan tunggu beberapa saat. Pergantian ke jaringan 4G, secara otomatis akan dilakukan.

Cara ketiga di atas juga bisa di aplikasikan terhadap semua jenis ponsel android. Namun dengan catatan, yaitu harus kondisi rooted dan dengan menggunakan aplikasi Advanced Signal Status,
1:58:00 PM

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget